Mohammad Sadik Inspired by Mohammad Sadik

About me

Network

Blog

Jumat, 06 Agustus 2010

LInux Operating System

Kalau melihat kemajuan dunia IT akhir-akhir ini, rasanya kita akan ketinggalan jika tidak mengikuti perkembangan OS (Operating System) apalagi berkembangan software-software yang semakin kompetitif baik harga maupun fitur-fiturnya.

WINDOWS dengan segala perkembangannya adalah salah satu OS (Operating System) yang sangat populer dan banyak dipergunakan di dunia ini, maka oleh karena itu miliknya BILL GATES menempatkanya menjadi jajaran terkaya di muka bumi ini. kok bisa yah……? ya bisa lah…. karena kalau kita lihat setiap kali WINDOWS di diluncurkan maka akan terjadi antrian membeli, coba kita bayangkan kalau satu lisensi saja untuk Windows Vista Home Premium SP1 di badrol dengan harga 1 (satu) jutaan. kalau dikalikan dengan sekian maka akan sekian…….. ! ups ngak enak ngitungin penghasilan babeh BILL.

Nah bagaimana dengan Indonesia, yah sangat banyak yang menggunakan WINDOWS dengan berbagai versinya, trus bagaimana dengan lisensi (HAKI)…??????? ….??… yah mumpung belum ketahuan ya… pakai saja dulu… jadinya membajak yah… (kaya sawah aja dibajak segala)…. yah BEGITULAH…..??, terus bagaimana kalau ketahuan sama penegak hukum, yah dihukum lah…. (bisa juga diajak damai….. tapi tergantung penegak hukumnya juga sih..) kayak mafia-mafia itu loh…… nanti timbul lagi mafia baru “MAFIA LISENSI WINDOWS”, biar ada saingan dengan MARKUS (mafia kasus) dan mafia-mafia lainnya… lho jadi ngomongin mafia, tapi itulah realita di negara kita sekarang ini.

Kalau begitu jika kita tidak membeli OS Windows secara resmi rasanya tidak nyaman untuk menggunakannya, alias mencuri-curi, yah kalau ingat mencuri jadi dosa dong…. ups… wilayah dosa…. wilayahnya sudah wilayah lain yah…. tapi sepertinya perlu juga diingat tuh bahwa mencuri adalah dosa………. wow…wow… oleh karena itu supaya tidak berdosa mari kita cari cara lain untuk tetap bisa menggunakan komputer besarta OS nya termasuk software-softwarenya secara aman dan nyaman. Bagaimana carannya yah……???. caranya : Beli OS (Operating system) WINDOWS secara resmi serta software-softwarenya lainnya, itu kalau punya duit untuk beli kalau tidak bagaimana caranya…. masa harus berhenti main komputer……. wah “APA KATA DUNIA”.

Sebenarnya ada cara yang mudah, gampang, halal, aman dan nyaman, dan tidak berdosa yaitu dengan menggunakan OS (Operating System) dan software yang gratis “GRATIOUS” … yang nulis pura-pura kaget… padahal sudah tahu sebelumnya…… kemudiannya pertanyaanya ” HARI GINI MASIH ADA GRATIOUS”.. kemana aja sih…. yah adalah… bertanyaan berikutnya adalah “APAAN TUH…????” Jawabannya..nya..nya…nya adalahhhhhh “LINUX”… LINUX…. ntar dulu linux….????

Barangkali setiap kita mendengar LINUX yang ada di benak kita adalah “SUSAH”……dan begal linux…. itumah dulu… waktu penulis mulai kenal linux sekitar 8 (delapan) tahunan yang lalu… kalau sekarang bagaimana ????, sekarang rasanya tidak susah lagi, karena LINUX terutama DISTRO-DISTRO terbaru saat ini rata-rata sudah dan bahkan menyamai GUI (Graphic User Interface) Windows. Jadi susahnya dimana bahkan hampir saja seluruhnya berbahasa INDONESIA coba gunakan BlokOn. Tapi jangan lupa bahwa Linux sangat bisa menggunakan CLI (Command Line Interface) dan perlu diketahui bahwa pada dasanya Linux menggunakan perintah CLI. Ada satu lagi keunggulan dari OS Linux yaitu “OPEN SOURCE” apaan tuh….??? Open Source maksudnya adalah bahwa OS Linux dikembangkan oleh banyak orang atau kelompok-kelompok pengguna linux yang tersebar di seluruh penjuru bumi yang saling bekerjasama satu sama lainnya yang memanfaatkan “SOURCE CODE” (kode sumber) yang terbuka dan dapat dikembangkan oleh siapa saja, yang menjadi cikal bakal dari komunitas-komunitas kemudian memungkinkan untuk membuat distro-distro linux, dan semuanya dikerjakan tanpa dipungut bayaran (Gratis).

Berbicara DISTRO Linux untuk saat ini lebih dari ratusan distro www.distrowatch.com, terus pertanyannya adalah disto yang mana yang lebih bagus dan stabil, berbicara bagus dan stabil sangat tergantung peruntukan dari distro linux tersebut. Karena masing-masing distro memiliki kelebihan sendiri-sendiri. Berikut ini lihat beberapa ringkasan distro :

Komunitas bentukan Red Hat sengaja dibuat untuk memisahkan antara bisnisnya dan kontribusi dalam pemgembangan linux. Fedora merupakan komunitas yang konsisten dalam menepati janjinya untuk meliris versi baru setiap enam bulan sekali. fedora versi pertama dinamai Fedora Core 1 hingga saat ini sudah merilis versi 13 (April 2010). www.fedora.or.id

Distro ini yang sangat populer di Indonesia, karena merupakan pilihan yang tepat bagi kita dimana linux terasa mudah digunakan GUI nya sudah menyamai GUI nya Windows. www.ubuntu.or.id

Ditro ini rasanya kuirang populer di Indonesia, padahal dibuat untuk menciptakan sistem operasi gratis dengan kualitas tinggi. Walaupun Debian mempunyai paket aplikasi yang banyak tapi mampu terorganisasi dengan baik. www.debian.org

RedHat telah menjelma menjadi sebuah perusahaan komersial yang berbasis FOSS (Free Open Source Software) yaitu perusahaan yang berkonsentrasi pada layanan jasa dan dukungan implementasi linux untuk pengguna di Enterprise yang butuh kestabilan, kehandalan dan kinerja yang tinggi dengan produk utamanya adalah Red Hat Enterprise Linux (RHEL). www.redhat.com

dan lain-lain www.distrowatch.com

Melihat sekian banyak distro diatas yang mana yang harus di pelajari, pertanyaan yang sering muncul dari orang-orang yang mau migrasi ke linux, terkadang dan banyak orang terjebak pada beberapa pilihan yang pada akhirnya tidak memilih salah satu distro untuk dipelajari yang ada hanya koleksi instalasi OS (Operating System).

Menurut penulis distro yang mana pun kita pilih semua baik dan bagus adanya, sebab pada pasarnya semua distro satu nenek moyang yaitu UNIX, pada dasanya perintah-perintas dasar hampir sama disemua distro hanya ada beberapa perbedaan pada masing-masing distro, sebagai contoh pada semua distro untuk melihat isi file maka kita akan mengetikkan pada konsole #ls, dan untuk melihat keterangan atau modul ls kita akan mengetikkan di konsole #man ls, dan banyak contoh lainnya, namun pada perintah lain tentunya akan ada perbedaan contoh : untuk menginstal pada Fedora menggunakan perintah # yum, sedangkan pada turunan debian seperti Ubuntu menggunakan perintah #apt-get dan banyak lainnya.

Kesimpulan Penulis :

Linux Gratis dan Bebas (akan di bahas lebih lanjut)

Mudah dan gampang (dengan modal bahasa Inggris sedikit kalau ngak bisa tanya om… google translate), cukup ketikkan perintah #man kemudian perintah linux.

contoh:

#man ls

#man chmod

#man mkdir

#man ifconfig

#man cp

dll

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi kesan hati anda di sini !!!

Sadikoye. Diberdayakan oleh Blogger.